Senin, 28 Februari 2011

Instax mini 7s, Solusi murah pengganti Polaroid

Yeah, lanjut lagi posting mumpung otak seger walaupun sedang flu dan sulit tidur mameeeen........ Melanjutkan review pada beberapa koleksi kamera saya, pilihan hari ini jatu kepada si kamera instan yang oenjoe bernama Fuji Instax mini 7s. Melihat kamera ini untuk pertama kalinya saat nonton film "Yes Man" bersama si pacar yg saat itu belom jadi pacar dan saya berasa anak sekolah yg sedang cabut soalnya madol dari kantor...MUAHAHHAHAHAH.........nah ni kamera muncul di scene pas zooey deschanel motret jim carrey di scooter nya ya klo ga salah, dan yg muncul pun bukan instax mini 7s tapi instax mini 10..



Nah dimulai lah petualangan mencari info soal si instax ini. Googling pun dilakukan dan ga lupa forum terciamik se indonesia juga harus di browse di bagian jual beli nya. Akhirnya dapet lah tuh di forum ciamik tersebut. Pas beli dapet bonusan film nya 2 pak, per pak nya isi 10 lembar.
Udah cukup kali ye cerita nya, sekarang masuk ke segi teknis dari si kamera Fuji Instax Mini 7s.
Spek resmi dari fuji film nya untuk kamera ini adalah :




















Oh ya ada 3 settingan exposure yg bisa kalian pilih, sunny, cloudy, dan indoor. Kalian pilih aja mode yang sesuai dengan keadaan cahaya saat memotret. Sunny digunakan saat panas terik, cloudy digunakan dgn kondisi yg ada cahaya namun tidak terlalu terang, dan indoor digunakan saat motret di dalem ruangan atau di malam hari.

Kamera ini punya kelemahan yang mana dimiliki oleh semua kamera yang tidak memiliki koneksi langsung antara viewfinder dengan lensa nya, biasa disebut parallax error. nah buat mengatasi hal ini, temen2 bisa cek nih blog kawan saya yg super gawul dan sangat oye sekali yang ngebahas bagaimana kita ngatasin parallax error di fuji instax, (klik dimari).

Sekarang masuk ke film. Film dari fuji instax ini memiliki banyak varian framenya, dari yg putih polos, warna-warni, serta tokoh2 kartun ternama deh. Lumayan kan buat oenjoe2an fotonya. Yang disayangkan kenapa ga memproduksi film black and white dan sephia, kan jadi keren dan bisa nyaingin polaroid (hehehhe). Semua film instax memiliki ASA/ISO 800, jadi udah lumayan peka terhadap cahaya, tapi kalian tetep butuh flash klo sedang memotret indoor.

Harga pasaran sih untuk kamera ini bervariasi ya tergantung jenis2 nya dan tokonya. Range harga untuk sebuah kamera baru Rp. 800.000-Rp. 1.000.000. Untuk film nya juga variatif tergantung jenis dan toko, berkisar antara Rp. 80.000 (cuma saya yg jual segini..hahah)-Rp. 100.000 untuk yg putih polos, dan Rp. 110.000-Rp. 150.000 untuk yg bercorak.
Oh iye, kalian bisa dapetin kameranya di online store yg banyak berkeliaran di dunia maya, atau di offline store seperti lomography embassy di Jalan Bumi, Mayestik, atau di level one grand indonesia atau bisa juga di pompous Skywalk Pondok Indah Mall. Atau kalo lagi jalan2 ke korea atau jepang bisa beli disana juga.

Tidak lupa juga banyak aksesoris2 buat kamera ini juga, mulai dari wide converter, close up converter + self mirror (highly recommended buat yg suka moto diri sendiri), fisheye converter, casing, pouch dan lain-lain.

Terakhir, untuk meluruskan, ini bukan instax polaroid ataupun fuji instax polaroid ya. Karena fuji g pernah join bareng dengan polaroid jd g bakalan ada fusion varian kamera mereka jadi satu seperti halnya yg terjadi pada ponsel sonyericsson yg merupakan merge dari sony dan ericsson. Polaroid itu brand, seperti halnya fuji. :p

Kaga apdol kayanya klo saya g aplot hasil karya saya dengan kamera ini..nih beberapa hasil nya :



data-data artikel di dapat dari hasil googling. dan hasil foto merupakan hasil foto saya pribadi, inget hak cipta kawan. kecuali gambar kamera saya dapat dari http://www.blogshopcity.com

4 komentar:

  1. itu kalo aplotnya di scan atau emang bisa di trasfer ke data computer?

    BalasHapus
  2. di scan mas..kan instax bukan digital

    BalasHapus
  3. mau tanya nih.. denger2 kamera polaroid tuh sering hasil cetaknya ga bagus. katanya sering ijo gt jadinya. instax mini 7s juga gitu ga ya? pengen beli kamera ini tapi masih ragu nih..

    BalasHapus
  4. Dari semua jens kamera instan yang berbedar di pasaran, salah satu kamera yang jadi favorit adalah Kamera Instax Fujifilm. Bentuk kameranya unik dan dilengkapi dengan fitur menarik. Hasil cetaknya pun juga oke.

    BalasHapus